MOTIVASI & LEADERSHIP

artikel motivasi, inspirasi dan Leadership, marketing kreatif

Saturday, 28 October 2017

HOW TO MAKE A SUCCESSFUL CONSUMER LOYAL ( CARA SUKSES MEMBUAT KONSUMEN TETAP LOYAL )

HOW TO MAKE A SUCCESSFUL CONSUMER LOYAL

( CARA SUKSES MEMBUAT KONSUMEN TETAP LOYAL )


Menciptakan Consumen yang Loyal untuk BISNIS yang Anda Miliki???


Banyak pebisnis yang tidak terlalu mempedulikan cara untuk menjaga konsumen agar tetap loyal, alias tetap setia dengan produk kita. Padahal konsumen yang loyal akan mempermudah Anda ketika menyampaikan informasi terkait produk atau jasa-jasa terbaru. Biaya yang digunakan untuk membangun loyalitas konsumen lama juga lebih rendah dibanding Anda harus mencari konsumen baru lagi.

Hal paling mendasar untuk membangun loyalitas konsumen adalah produk tersebut harus berkualitas baik, namun apakah ini saja cukup? Tentu saja tidak, berikut ini saya berikan beberapa strategi yang bisa Anda terapkan untuk membangun kesetiaan atau loyalitas konsumen Anda.

1. Memiliki Kelebihan Dibanding Pesaing


Sudah menjadi pengertian umum bahwa produk/jasa yang memiliki kelebihan dibanding pesaing cenderung lebih banyak dibeli. Kelebihan ini bisa dalam hal ukuran (lebih besar), fitur (lebih lengkap), harga (lebih murah) ataupun hal lainnya misal rasa, kemasan. Hal-hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen Anda supaya tidak beralih ke pesaing dan tetap setia membeli produk Anda.

2. Wajib melakukan Inovasi


Jika Anda melakukan inovasi, secara tidak langsung akan membuat konsumen Anda loyal. Kebutuhan konsumen selalu berubah dan cenderung ingin lebih, oleh sebab itu inovasi dan perbaikan produk perlu Anda lakukan terus menerus. Inovasi bisa dalam hal kemasan, isi (konten), jasa layanan ataupun cara Anda berkomunikasi (marketing) ke konsumen.


3. Ciptakan Varian Baru


Saya yakin, banyak dari konsumen Anda yang cenderung cepat bosan, oleh sebab itu penting sekali menerapkan strategi pengembangan produk. Strategi yang dimaksud disini adalah Anda wajib melakukan pengembangan produk melalui varian-varian baru. Banyak merek-merek besar yang berhasil mempertahankan pelanggan dikarenakan mereka membuat varian-varian baru. Misalnya saja produk shampo, ada shampo varian untuk anti ketombe, varian rambut lembut dan lain – lain.

4. Jaga Kualitas, sekali lagi jaga kualitas !


Jaga kualitas sangat penting untuk mempertahankan konsumen Anda untuk tidak berpaling ke pesaing. Jaga kualitas disini tidak hanya kualitas produk lho, tetapi juga kualitas layanan. Misalnya saja layanan fast respon ketika ada pertanyaan konsumen. Dengan menjaga kualitas produk dan layanan, konsumen Anda akan tetap stay dengan Anda

5. Bangun Komunikasi Anda Dengan Konsumen


Anda wajib membangun komunikasi dengan konsumen. Hubungan kita dengan konsumen seperti ibarat pacar lho. Ketika komunikasi terjalin rutin, pacar Anda akan tetap setia dan kecil kemungkinan untuk cari pacar lain (produk lain) hehe. Hal apa saja yang bisa Anda lakukan? banyak, Anda bisa berkomunikasi via media sosial, via email, melalui kontak personal, mengirimkan selamat ulang tahun untuk yang ultah atau melakukan pertemuan (kopdar) dengan konsumen Anda. Kunci penting dari cara ini adalah Anda wajib memiliki kontak mereka, istilah kerennya database marketing.

Sekian beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga konsumen Anda agar tetap loyal.

semoga bermanfaat untuk Anda, teman-teman pebisnis atau yang sedang merintis usaha.
Salam SUKSES.

By : Creative Motivasi
Penulis : Hermas; Founder kelaspengusaha

No comments:

Post a Comment